Kita tentu sering bertanya-tanya tentang kemampuan kita sendiri. Apakah kita termasuk anak yang cerdas?. Apakah kita mempunyai daya kretifitas yang tinggi? Sebenarnya kecerdasan dan kreatifitas merupakan sesuatu yang saling berkaitan.Walaupun sebenarnya kecerdasan dan kreatifitas itu memiliki perbedaan.
Pertama kita akan mengkaji dari pengertian kecerdasan dahulu yaitu kemampuan otak dalam memecahkan masalah secara efektif dan efisien.Dalam arti, bagaimana cara otak kita dalam mencari solusi yang tepat dalam memecahkan persoalan yang ada.
Kecerdasan setiap individu pasti berbeda-berbeda.Perbedaan kecerdasaan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain,factor bawaan,faktor ini diturunkan sejak anak lahir.Jadi dalam satu lingkungan pasti akan ada anak yang pintar, bodoh, ataupun rata-rata. Faktor kedua yaitu minat yang ada dalam diri seseorang.Dalam diri seseorang pasti memiliki minat terhadap sesuatu, dan minat tersebut adalah berupa dorongan agar dia bisa melakukan sesuatu secara lebih baik sesuai dengan keinginannya. Faktor ketiga yaitu factor pembentukan, factor ini terdapat di lingkungan sekitar seseorang.
Faktor keempat yaitu faktor kematangan, dimana seseorang pasti memiliki kematangan yang berbeda dalam proses perkembangannya. Dan, jika seseorang melakukan sesuatu hal, belum sesuai dengan kematangannya pasti dia akan mengalami kegagalan,. Tetapi sebaliknya apabila seseorang melakukan sesuatu hal dia telah matang atau siap pasti dia akan berhasil. Yang terakhir yaitu fator kebebasan, dalam hal ini seseorng mempunyai kebebasan dalam memilih cara atau solusi dalam memecahkan masalah yang ada. Dari semua faktor tersebut tidak ada yang paling dominan, karena kelimanya saling terkaitan, sehingga dalam menilai kecerdasan seseorang kita tidak dapat menilai dengan satu faktor saja.
Kecerdasan manusia juga dapat di klasifikasikan atau dapat dikelompokkan. Antara lain dari kecerdasan tingkat rendah ke tingkat tinggi yaitu idiot, normal rata-rata sampai dengan jenius., Klasifikasi kecerdasan ini berdasarkan tes, sehingga dapat diragukan hasilnya. Karena bisa juga saat seseorang mengerjakan tes IQ, dia sedang mengalami masalah, sehingga mengganggu kosentrasi dia dalam mengerjakan soal. Tapi sekarang kecerdasan seseorang terdapat beberapa jenis, antara lain kecerdasan linguistik, logis matematika, visual spasial.musikal, interpersonal, intra personalasial, naturalis, kinesti tubuh.
Setelah membahas dengan detail tentang kecerdasan. Kini saatnya membahas kreatifitas, agar kita dapat mengetahui bagaimana perbedaan antara kecerdasan dan kreatifitas.
Pengertian dari kreatifitas itu sendiri yaitu kegiatan yang mendatangkan hasil yang sifatnya baru dan berguan. Kreatifitas juga memiliki faktor-faktor, antara lain yaitu secara otomatis timbul tanpa rangsangan lingkungan,potensi dari dalam, dan perbedaan tingkat kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing individu.Kreatifitas yang telah dimiliki oleh individu atau anak perlu adanya penunjang atau dorongan agar kreatifitas yang dimiliki semakin optimal.Antara lain dengan cara biarkan anak untuk lebih mandiri,member dorongan anak untuk bebas dan kreatif, serta menciptakan kondisi yang kondusif demi kepentingan pengembangan kreatifitas anak.
Dalam kegiatan belajar dan mengajar, juga harus memperhatikan pengembangan kreatifitas anak. Pengembangan itu dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain yaitu, memberikan kegiatan belajar yang bisa semakin mengembangkan rasa keingintahuan anak, serta memberikan pelajaran sesuai dengan kehidupan nyata di sekitar anak. Dari berbagai kegiatan pengembangan kreatifitas ini, peranan guru sangatlah penting, dan guru juga harus mempunyai kemampuan yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar